Tutor Teknologi Desa Jambelaer

Tutor Teknologi Desa Jambelaer

10-11 Mei 2023 – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik (FT) Universitas Mandiri dengan bangga menyelenggarakan acara Tutor Teknologi Desa (TTD) yang bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pelatihan teknologi kepada masyarakat di Desa Jambelaer. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dan dihadiri oleh berbagai pihak terkait, mulai dari aparatur desa hingga pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang berada di sekitar Desa Jambelaer.

Hari pertama kegiatan TTD difokuskan pada aparatur desa, dengan diselenggarakannya seminar teknologi yang menghadirkan pembicara dari perusahaan pelebur sampah di Bandung, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Subang, dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Subang. Seminar ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang berbagai teknologi yang dapat diterapkan di pedesaan, terutama dalam pengelolaan sampah, inovasi pertanian, dan penggunaan teknologi informasi untuk meningkatkan pelayanan publik. Peserta seminar mendapatkan wawasan dan inspirasi baru tentang penerapan teknologi yang dapat membantu meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat di Desa Jambelaer.

Pada hari kedua, kegiatan TTD difokuskan pada UMKM lokal dan sekolah-sekolah di sekitar Desa Jambelaer. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pelatihan dan pembekalan kepada pelaku UMKM tentang pemanfaatan teknologi dalam pengembangan usaha mereka. Melalui workshop dan sesi diskusi, peserta TTD diajak untuk memahami bagaimana teknologi dapat membantu meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan daya saing UMKM.

Selama dua hari kegiatan TTD, peserta didikatkan dengan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dalam penerapan teknologi di pedesaan. Selain itu, melalui interaksi langsung dengan para pembicara dan ahli teknologi, peserta juga mendapatkan inspirasi dan motivasi untuk mengembangkan inovasi dalam lingkup masing-masing. Diharapkan, pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh peserta dapat menjadi bekal berharga dalam memperkuat ekonomi lokal, meningkatkan pelayanan publik, serta mendorong perkembangan dan kemajuan Desa Jambelaer secara keseluruhan.

Kegiatan Tutor Teknologi Desa (TTD) yang diadakan oleh BEM FT Universitas Mandiri pada tanggal 10-11 Mei 2023 tidak hanya diikuti oleh pengurus BEM FT, tetapi juga melibatkan perwakilan mahasiswa dari seluruh program studi (prodi) yang ada di Fakultas Teknik Universitas Mandiri.

Dengan melibatkan perwakilan mahasiswa dari seluruh prodi, TTD ini mencerminkan semangat kolaborasi dan partisipasi aktif dari seluruh mahasiswa di Fakultas Teknik. Melalui kehadiran mereka, TTD menjadi ajang bagi mahasiswa untuk saling belajar dan berbagi pengetahuan serta pengalaman dalam menerapkan teknologi di desa

BEM FT Universitas Mandiri merasa bangga dan berterima kasih atas antusiasme serta partisipasi aktif semua pihak dalam acara Tutor Teknologi Desa ini. Kolaborasi antara pemerintah desa, perusahaan, institusi pendidikan, dan masyarakat menjadi kunci keberhasilan dalam mendorong inovasi dan keterampilan di pedesaan. Semoga kegiatan TTD ini menjadi langkah awal dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat di Desa Jambelaer, serta menjadi contoh inspiratif bagi desa-desa lainnya dalam mengadopsi teknologi demi kemajuan yang berkelanjutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *