Peringatan Sumpah Pemuda

Peringatan Sumpah Pemuda

Hari ini, tanggal 30 Oktober 2022, perwakilan mahasiswa dari seluruh Fakultas di Universitas Mandiri merayakan peringatan Sumpah Pemuda yang ke-94. Dalam rangka memperingati hari bersejarah tersebut, digelar upacara Sumpah Pemuda di Kampus Universitas Mandiri.

Bapak Kodar Udoyono, ST., MA selaku Kaprodi TKJ hadir dalam upacara tersebut. Dalam pidatonya, beliau mengingatkan betapa pentingnya semangat persatuan dan kesatuan dalam keberagaman Indonesia. “Sumpah Pemuda mengajarkan kita tentang pentingnya persatuan dan kesatuan dalam perbedaan. Mari kita terus jaga kebersamaan dan mari kita tingkatkan skill kita dalam bidang teknologi dalam rangka membangun Indonesia yang lebih baik.” ujarnya.

Peringatan Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober setiap tahunnya merupakan momen penting bagi bangsa Indonesia untuk merenung kembali semangat persatuan dan kesatuan yang diwariskan oleh para pemuda pada tahun 1928.

Sumpah Pemuda yang diucapkan pada tanggal 28 Oktober 1928 oleh para pemuda dari berbagai wilayah di Indonesia, diantaranya dari Jawa, Sumatera, dan Sulawesi, menegaskan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam menjunjung tinggi jati diri sebagai bangsa Indonesia yang merdeka. Sumpah tersebut menegaskan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang satu, dengan satu bahasa, satu tanah air, dan satu bangsa.

Dalam situasi yang penuh gejolak dan ketidakpastian di masa lalu, para pemuda Indonesia pada saat itu menyadari betapa pentingnya persatuan dan kesatuan untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Semangat tersebut kemudian menjadi tonggak dalam perjalanan perjuangan bangsa Indonesia untuk memerdekakan diri dari penjajahan.

Dan dengan diadakannya kegiatan peringatan sumpah pemuda di lingkungan pendidikan khususnya di Universitas Mandiri, harapannya dapat menjadi pacuan semangat bersatunya bangsa Indonesia melalui keberagaman karakter yang ada pada pribadi mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *